10 Kelebihan Dan Kekurangan Mengkonsumsi Makanan Organik

Makanan organik kini mulai populer, dari pasar-pasar tradisional sampai supermarket besar terdapat berbagai makanan organik. Angka penjualan untuk makanan organik pun meningkat pesat seiring pemberitaan bahwa makanan organik pasti sehat.

Baik dan buruk mengkonsumsi makan organik (photo: Shutterstock)

Sebaiknya kita jangan mengambil mentah-mentah anggapan semua makanan organik itu selalu sehat. Ingat segala sesuatunya pasti ada plus-minus-nya. Seperti halnya pada makanan organik.

Pengertian Makanan Organik
Makanan organik mengacu pada tanaman yang tumbuh tanpa menggunakan pestisida, radiasi, pupuk, dan bahan sintetis lainnya. Bahkan hewan yang diternak secara ‘organik’ diberi makan dengan pasokan organik tanpa hormon pertumbuhan sintetis atau antibiotik.

Dan berikut ini 10 kelebihan dan kelemahan mengkonsumsi makanan organik, seperti dilansir laman stylecraze.com

1. Tanpa bahan kimia
Tidak seperti pertanian konvensional, petani organik tidak menggunakan pupuk sintetis, bahan kimia tambahan, atau pengawet dalam proses produksinya. Dengan demikian, makanan yang Anda makan tidak memiliki residu kimia yang membahayakan tubuh. Dan juga aman dari pestisida beracun yang dapat memicu masalah kesehatan yang serius.

2. Ramah lingkungan
Dengan tanpa bahan kimia dalam proses produksinya, para petani organik akan meminimalisir dampak buruk bagi lingkungan. Apa yang para petani organik lakukan adalah anugerah bagi bumi kita yang semakin memburuk ini.

3. Kandungan nutrisi tinggi
Dibandingkan dengan pertanian konvensional, produk organik lebih mengandung banyak mineral. Pertanian organik meningkatkan potensi dan manfaat tanah. Dengan demikian, manfaat tersebut akan diteruskan kepada Anda setiap kali Anda makan produk ini.

4. Meningkatkan rasa
Pertanian organik menginduksi rasa yang lebih baik dalam makanan Anda. Umumnya pada makanan organik mengandung gizi yang lebih baik serta mempunyai citra rasa yang lebih alami.

5. Nol lemak
Makanlah organik dan lupakan penyakit jantung! Ya, produk organik adalah tanpa lemak terhidrogenasi. Hal ini pada gilirannya dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

6. Menyehatkan janin
Penelitian telah membuktikan bahwa pestisida dan pupuk berbahaya dari makanan non organik dapat melintasi plasenta dan merugikan bayi yang belum lahir. Racun dalam makanan tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi mereka. Bahkan, berat badan lahir rendah, cacat autisme, dan kelahiran dalam beberapa kasus yang dikaitkan dengan bahan kimia ini. Jadi, dengan makanan organik, janin terlindung dari gangguan tersebut.

KELEMAHAN/KEKURANGAN MAKANAN ORGANIK
Untuk nomor selanjutnya kami menerangkan kelemahan dari mengkonsumsi makanan organik

7. Harga lebih mahal
Dalam pertanian organik, hasil produksi biasanya lebih sedikit karena mereka tidak memakai pupuk sintetis. Dan dampak dari kurangnya hasil produksi tersebut, harga setiap produk organik menjadi lebih mahal dari non-organik.

8. Umur simpan yang lebih rendah
Karena sama sekali tidak terkena bahan kimia atau pengawet, biasanya makanan organik tidak bisa disimpan dalam waktu lama.

9. Dapat terkontaminasi oleh E. Coli
Bakteri ini biasanya ditemukan dalam saluran usus hewan, dan ini merupakan ancaman bagi kesehatan manusia. Telah terungkap bahwa bahkan makanan organik sekalipun tidak aman dari kontaminasi yang disebabkan oleh baketri E.Coli.

10. Sulit untuk dicari
Kadang-kadang, Anda mungkin tidak dapat menemukan makanan organik di sebuah toko di dekat Anda. Bisa jadi ini karena makanan organik mempunyai masa simpan yang lebih rendah.

Dengan pro dan kontra diatas, Anda bisa menentukan sendiri jenis makanan apa yang ingin Anda konsumsi, organik atau non-organik. Semua tergantung pilihan Anda.
(kredit: stylecraze.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>