15 Tips Persiapan Menjelang Puasa

Bulan ramadhan akan segera tiba dan kita sebagai umat muslim harus bersiap menyambutnya. Bulan ramadhan memiliki banyak keistiwaan dan dibulan ini umat islam wajib menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.sebagaimana kita ketahui bahwa fadhilah puasa ramadhan amatlah besar dan kita sebagai umat muslim tidak boleh melewatkannya.

Dalil mengenai puasa ramadhan 

Puasa ramadhan berbeda dengan puasa sunnah  seperti puasa senin kamsi , puasa rajab, puasa daud maupun puasa arafah dalam hal hukum pelaksanaan dan waktu melaksanakannya meskipun puasanya tetap sama. Ibadah puasa wajib hukumnya bagi umat islam sebagaimana firman Allah dalam Alqur’an surat Al Baqarah ayat 183 dan umat islam tidak diperbolehkan untuk meninggalkannya kecuali memiliki uzur atau halangan. Berikut adalah dalil yang menjelaskan tentang kewajiban puasa ramadhan dan ketentuannya

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”(Al Baqarah ayat 183)

اَيَّامًا مَعْدُوْدتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيْضًا اَوْ عَلى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُ وَ اَنْ تَصُوْمُوْا

يْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

“(Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) : memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (memberi makan lebih dari seorang miskin untuk satu hari), maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”. (Al Baqarah ayat 184)

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ اَيَّامٍ اُخَرَ يُرِيْدُ اللهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوْا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan men genai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dengan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (‘wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur”. (Al Baqarah ayat 185)

Untuk menyambut datangnya bulan puasa yang penuh berkah maka ada persiapan-persiapan yang perlu kita lakukan agar bisa beribadah dan berpuasa dengan lancar dibulan ramadhan. Jika anda tidak terbiasa untuk melakukan puasa seperti puasa sunnah ada baiknya untuk mempersiapkan fisik dan mental anda mulai dari sekarang. Simak Tips Persiapan Menjelang Puasa :

  1.  Berpuasa sunnah di bulan syaban akan membantu anda untuk terbiasa berpuasa dan melatih kesabaran serta menahan hawa nafsu sebelum bulan ramadhan datang
  2. Konsumsi lebih banyak cairan sebelum berpuasa, ini akan membantu sistem pencernaan dan proses detoksifikasi tubuh menjadi lebih baik sehingga anda akan merasa ringan saat berpuasa dibulan ramadhan nanti
  3. Perbaiki pola tidur anda, jangan biasakan bergadang dan bangun siang hari karena hal ini akan menyulitkan anda untuk bangun sahur saat bulan ramadhan. Sebaiknya tidurlah lebih awal dan cobalah untuk bangun lebih awal.
  4. Konsultasikan pada dokter sebelum berpuasa terutama bagi anda yang menderita penyakit kronis, ibu hamil maupun menyusui. Konsultasi dokter penting untuk memberikan masukan dan saran bagi anda terutama tentang konsumsi obat dan makanan selama bulan ramadhan.
  5. Kurangi konsumsi kopi, rokok, soda dan hal-hal lain yang sifatnya adiktif atau menimbulkan ketergantungan. Saat berpuasa kita tidak boleh merokok dan dianjurkan untuk meninggalkan kafein. Oleh sebab itu, jika anda memiliki kebiasaan demikian maka kurangi kebiasaan anda tersebut mulai dari sekarang dan anda bisa melakukannya dengan perlahan.
  6. Kurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi juga dianjurkan saat anda akan memulai berpuasa. Makanan manis akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan merangsang rasa lapar setelah makan. Jika anda suka mengkonsumsi cokelat, biskuit atau apapun dengan kadar gula yang tinggi sebaiknya kurangi dari sekarang.
  7. Makan dengan porsi yang lebih kecil akan membantu anda untuk berpuasa dibulan ramadhan. Hal ini akan membiasakan lambung untuk menerima asupan makanan yang sedikit dan lambung dapat dengan mudah beradaptasi dengan puasa ramadhan nantinya.
  8. Lakukan olahraga ringan, olahraga akan membantu sistem pertahanan tubuh anda terutama sistem limfatik untuk bekerja lebih baik dan membuat anda terhindar dari penyakit selama bulan ramadhan
  9. Persiapkan bahan makanan yang akan anda gunakan untuk makan sahur atau biasanya makanan yang gampang diolah di dalam pendingin atau freezer. Jika perlu buatlah makanan beku anda sendiri dengan bahan bahan yang lebih sehat.
  10. Siapkan keluarga anda untuk menyambut ramadhan dan ajari anak-anak anda untuk lebih rajin beribadah dan buat suasana ramadhan lebih ceria dengan menghias rumah atau persiapkan buku-buku cerita islami yang bisa mereka baca.
  11. Perbanyak membaca Alqur’an dan berzikir. Di bulan ramadhan segala amal ibadah akan dilipat gandakan pahalanya dan untuk itu sebaiknya mulailah untuk membiasakan diri membaca Alqur’an dan berzikir kepada Allah SWT. Hal ini akan membuat hati dan pikiran anda tenang sebelum bulan ramadhan datang
  12. Persiapkan dengan baik segala keperluan ramadhan mulai dari perabot yang digunakan untuk memasak dan alat-alat ibadah yang nanti akan digunakan untuk menjalankan ibadah selama ramadhan misalnya perlengkapan shalat tarawih dan lainnya.
  13. Aturlah agenda puasa anda dan pelajari makanan apa yang baik kita konsumsi saat sahur atau berbuka puasa. Hal ini akan memudahkan anda untuk mempersiapkan menu makanan sehat selama berpuasa.
  14. Ada baiknya sebelum ramadhan kita juga mempersiapkan sejumlah harta yang nanti akan kita gunakan untuk bersedekah di bulan ramadhan dan untuk keperluan kita lainnya yang bermanfaat.
  15. Perbanyak bertobat dan membaca doa juga sangat dianjurkan sebelum memasuki bulan ramadhan. Berikut doa yang bisa kita lafalkan sebelum menyambut bulan ramadhan “Allahumma bariklana fii rajab wa sya’ban wa balighna Ramadhan”. “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab, Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan” (HR. Ahmad dan Thabrani).

Demikian Tips Persiapan Menjelang Puasa . Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>