APA ITU CLEAN EATING ???

‘Clean Eating’ mulai banyak dijalani orang untuk jaga kesehatan. Apakah pola makan ini merupakan cara berdiet?

Pada pengertian dasarnya clean eating atau pola makan sehat, merupakan satu metode makan yang telah menjadi gaya hidup.

Sayuran yang tidak melalui proses masak panjang akan membuat kandungan sayur tetap terjaga. (clean eating)

Sayuran yang tidak melalui proses masak panjang akan membuat kandungan sayur tetap terjaga. (clean eating)

Clean eating berbeda dengan program diet. Banyak orang masih beranggapan bahwa clean eating merupakan salah satu program diet. Meskipun sebenarnya clean eating merupakan rangkaian pola makan yang mengharuskan orang konsumsi makanan alami sebanyak mungkin, tanpa melalui proses memasak yang lama.

Singkatnya menurut ahli gizi Pooja Makhija melalui Indiatimes (26/02/17), clean eating merupakan sebuah gerakan gaya hidup sehat bukan untuk diet. Gagasannya adalah konsumsi makanan sehat dan alami sebanyak mungkin, atau memastikan bahwa bahan-bahan makanan yang dikonsumsi masih segar.

Dengan kata lain, metode clean eating ini akan menjauhkan orang dari makanan-makanan tidak sehat. Salah satunya seperti makanan olahan. Menjalankan pola makan ini, berarti harus siap untuk mencari sayuran segar, daging segar, susu segar, dan semua yang masih terjaga kualitasnya.

Buah-buahan menjadi bagoan dari Clean Eating

Buah-buahan menjadi bagoan dari Clean Eating

Untuk beberapa ahli gizi, metode clean eating merupakan salah satu cara ampuh untuk memulai gaya hidup sehat. Bahan makanan segar dipadu dengan cara memasak yang paling sehat. Untuk memulainya, hanya perlu mengurangi semua produk daging olahan, makanan manis, biji-bijian olahan, makanan siap saji, dan makanan beku.
Cara yang lebih mudah adalah dengan memulai konsumsi makanan yang lebih sehat dari jenis makanan sebelumnya. Atau bisa memasak dengan bahan makanan sesegar mungkin, terutama jika anda memasak menggunakan daging dan ikan. Jangan terlalu lama menyimpan makanan, terutama sayuran, selain nutrisnya berkurang sayur juga cepat layu.

Perlu diingat bahwa fokus dari semua ini bukanlah kesempurnaan pada menjalani metode clean eating, tetapi hasil yang didapatkan. Selalu tanamkan kepada diri, bahwa konsumsi makanan segar, merupakan langkah terpenting untuk memulai gaya hidup sehat.

(SUMBER : food.detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>