GURIH aka UMAMI (u:’ma:mi)

Udah Pernah denger kata UMAMI?? Kalo GURIH !!!??

Apa bedanya?? Coba kita bahas yuk

Sesungguhnya dalam Bahasa Indonesia sudah dikenali istilah khusus yang merujuk kepada cita rasa lezat makanan yaitu “gurih”. Akan tetapi istilah umami lebih populer dan mendunia, sehingga kadang digunakan sebagai sinonim “gurih”. Umami adalah kata serapan dari bahasa Jepang umami (うま味?) yang berarti “rasa gurih yang enak”. Kata khusus ini dipilih oleh Profesor Kikunae Ikeda dari umai (うまい) “lezat” dan mi (味) “rasa”. Karakter Cina 旨味 digunakan untuk arti yang lebih umum, ketika suatu makanan terasa lezat. (wikipedia)

jamur tiram juga mengandung unsur rasa umami ini karena juga mengandung zat glutamat

jamur tiram juga mengandung unsur rasa umami ini karena juga mengandung zat glutamat

Simposium Internasional Umami yang pertama di Hawai, istilah Umami secara resmi diakui sebagai istilah ilmiah untuk mendeskripsikan rasa glutamat dan nukleotida. Kini kata tersebut diterima secara luas sebagai rasa dasar yang kelima.

Rasa gurih atau umami dapat diperoleh secara alami dari berbagai macam bahan makanan, seperti kaldu (ayam, daging sapi, daging babi, atau ikan), kerang, udang, kecap asin, kecap inggris, rumput laut, tomat, bawang putih, asparagus, jamur, miso, tauco, keju, santan kelapa, terasi dll.

Selain dari bahan alami, kini rasa umami dapat diperoleh secara instan dan buatan melalui pembubuhan bumbu penyedap rasa monosodium glutamat. Karena itulah rasa umami kerap dikaitkan dengan promosi produk MSG. Namun beberapa pihak menolak menyamakan rasa gurih alami dengan rasa gurih instan yang diperoleh dari MSG. Sebagian pihak yang skeptik berpendapat bahwa upaya mempromosikan rasa “umami” sesungguhnya adalah trik pemasaran untuk mempromosikan MSG. Hal ini dikaitkan dengan pendapat mengenai dampak buruk MSG bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>