KACANG TANAH : KANDUNGAN DAN MANFAATNYA

Salah satu bahan pada Abon Ailani adalah KACANG TANAH.
Pada waktu yang lalu kita sudah membahas mengenai jamur tiram, kali ini coba kita bahas mengenai kacang tanah.
Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang kandungan kacang tanah. Kebanyakan hanya tahu makannya saat sudah di masak menjadi camilan seperti kacang kulit dan kacang rebus.
 Berbagai penelitian telah mengidentifikasi manfaat kacang tanah sebagai penurun kolesterol.
Makan sejumlah kecil kacang tanah setiap hari bisa mengurangi kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan merangsang penurunan berat badan. Nah jadi cocok bagi yang sedang program penurunan berat badan (DIET)
Kacang tanah mengandung lemak, sehingga diet kacang yang dianjurkan harus dibatasi sekitar 1 atau 2 ons kacang setiap hari.
Kabar baiknya, lemak yang terkandung dalam kacang tanah adalah lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda sehingga cocok sebagai diet untuk menurunkan kolesterol.
Kacang tanah juga menawarkan manfaat kesehatan tambahan seperti antioksidan dan serat.
 Ayo coba kita bahas lebih dalam lagi ya.
Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium
Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari dagingtelur dan kacang soya. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue.
Kacang tanah juga dikatakan mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit.  
Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan dapat mencegah penyakit jantung. Kacang tanah bekerja meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resoki penyakit jantung koroner.  
Memakan segenggam kacang tanah setiap hari terutama pesakit kencing manis dapat membantu kekurangan zat. Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Dalam 1 ons kacang tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9.  
Kacang tanah mengandung fitosterol yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida, dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol.
Kacang tanah juga mengandung arginin yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida yang berfungsi untuk melawan bakteri tuberkulosis.
Kajian-kajian menunjukkan kacang tanah dapat sebagai penurun tekanan darah tinggi dan juga kandungan kolestrol dalam darah, berkesan untuk melegakan penyakit hemofilia atau kecenderungan mudah berdarah, penyakit keputihan dan insomnia.
Namun Kacang tanah sangat dicegah pada mereka yang menghadapi penyakit jenis kanker payudara dan yang mempunyai masalah jerawat atau acne juga dinasihatkan berhenti mengonsumsi kacang tanah
Abon Ailani mengandung Jamur Tiram dan kacang tanah yang sama-sama kaya manfaat.
Lalu tunggu apa lagi ??? ORDER Abon Ailani…..
Sumber:
ABON SEHAT
ABON JAMUR
MAKANAN ENAK
ABON AILANI
ABON

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>