KALE, SAYUR SUPER PENUH MANFAAT

Brassica oleracea acephala atau dikenal di Indonesia dengan sayur Kale memang bukanlah sayur yang populer di Masyarakat. Namun Kandungan kesehatannya tak kalah dengan bayam dan brokoli. Ada beberapa jenis kale, ada yang berwarna hijau atau ungu kebiruan.  Kale atau dikenal juga dengan boerenkool, dapat ditemukan di daerah dataran tinggi seperti Bandung dan Malang.

Sayur Kale, Sayur Super dengan sejuta manfaat

Sayur Kale, Sayur Super dengan sejuta manfaat

Kale dapat dikonsumsi sebagai campuran salad maupun smoothies. Orang jepang sering menikmati sayur kale sebagai minuman jus yang disebut aojiru, yang dianggap sebagai minuman super untuk diet sehat.
Nutrisi dalam bentuk makro maupun mikro, yang dikandung dalam sayur kale sangat lengkap. Berbagai nutrisi ini sangat menguntungkan bagi metabolisme tubuh. Jumlah nutrisi dalam kale sangat memadai untuk mencegah dan mengobati banyak penyakit berbahaya. Berikut ini beberapa manfaat kale bagi kesehatan:

1. Menyehatkan Jantung

Kale hanya memiliki 35 kalori, tanpa kandungan lemak. Kale sangat membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi, dan sehat bagi jantung anda.

2. Menyehatkan Mata

Vitamin A dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan penglihatan. Tiap 100 gram sayur kale segar menyediakan vitamin A sebesar 9500 IU. Jumlah yang sangat tinggi dan telah memenuhi kebutuhan vitamin A harian.  Zeaxanthin dalam sayur kale diperlukan oleh retina sebagai antioksidan dan pelindung mata. Dengan mengkonsumsi sayur kale secara teratur dapat mencegah katarak pada orang tua.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi membuat Kale dapat mencegah masalah yang berhubungan dengan pencernaan, seperti sembelit dan sulit untuk buang kotoran.

4. Mencegah Anemia

Daun kale banyak mengandung zat besi dan asam folat. Seperti diketahui, zat besi dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin sehingga mencegah penyakit kurang darah.

5. Mengatasi Penyakit Arthritis

Adanya senyawa anti inflamasi dan omega-3 membuat memakan sup kale dengan rutin dapat mengobati penyakit Arthritis. Sup kale juga baik dikonsumsi oleh penderita asma dan penyakit autoimun.

6. Mencegah Penyakit Liver

Kale juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh anda. Efektifitas ini disebabkan oleh kandungan sulfur dan serat yang melimpah. Perbanyak makan kailan untuk detoksifikasi sehingga mencegah penyakit liver.

7. Mencegah Tulang Keropos

Kale juga diperkaya dengan kalsium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Sayur kale cocok dikonsumsi oleh wanita yang rentan terhadap osteoporosis, disebabkan kandungan kalsium dan vitamin K di dalamnya.

8. Mencegah Kanker dan Alzheimer

Kaya akan fitonutrien dan vitamin K. Kedua nutrisi ini efektif untuk mencegah kanker, dan baik untuk pencernaan. Vitamin K juga penting untuk mencegah pembekuan darah, yang dapat memicu kerusakan saraf di otak seperti pada penyakit Alzheimer.

9. Sangat cocok untuk diet

Bagi anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, sebaiknya masukkan sayur kale ke menu diet anda. Kale dapat disantap bersama salad sebagai makanan bebas lemak. Jumlah serat yang tinggi dan lemak yang rendah, menjadikan sayuran ini sebagai makanan diet terbaik. Sayur ini sangat rendah kadar kalori dan gula.

10. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Sayur kale memiliki jumlah omega 3 dan vitamin E yang berlimpah. Keduanya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Dengan rutin makan sayur kale, rambut akan tumbuh lebih cepat dan kulit pun lebih cerah.

Namun perlu diperhatikan, Kale memiliki glucosinolate yang berpotensi untuk membesarkan kelenjar tiroid, maka sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi Sayur Kale dalam jumlah banyak secara rutin. Penderita batu ginjal sebaiknya juga menghindari sayur kale, karena oksalat di dalamnya.

Demikian beberapa informasi menarik mengenai Sayur Kale, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>