5 Keuntungan mengonsumsi makanan organik

Makanan organik kini menjadi semacam tren kesehatan baru bagi masyarakat. Makanan organik, baik buah dan sayur, adalah makanan yang ditumbuhkan tanpa menggunakan pupuk kimia apapun. Daging sapi atau domba organik adalah daging yang diambil dari hewan yang tidak disuntik dengan hormon pertumbuhan, karena itu dianggap lebih sehat.

Namun tentunya, makanan organik memiliki harga lebih mahal dari makanan biasa. Meski begitu, harga mahal tentu sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. berikut adalah beberapa keuntungan dalam hal kesehatan jika Anda lebih memilih makanan organik, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Melindungi tubuh dari zat kimia berbahaya
Buah dan sayuran organik ditumbuhkan secara alami dan tanpa menggunakan zat kimia apapun. Karena tak ada pupuk atau zat kimia yang digunakan, berarti Anda mengonsumsi buah dan sayur alami yang tak mengandung zat kimia. Ini akan memperkecil kemungkinan Anda mengalami masalah pencernaan atau masalah kesehatan akibat bahan kimia yang terkandung dalam makanan. Memakan makanan organik berarti Anda memasukkan makanan yang aman ke mulut dan tubuh Anda.

2. Tak ada hormon pertumbuhan dalam daging
Hewan yang diternak secara organik diberi makan rumput dan hasil alam, serta tidak disuntik hormon pertumbuhan yang membuat mereka gemuk. Ada banyak penyakit yang bisa disebabkan oleh hormon pertumbuhan dalam daging yang tak sengaja masuk dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daging organik, Anda tak perlu khawatir dengan zat kimia atau hormon yang ada dalam daging hewan.

3. Ramah lingkungan
Pestisida dan pupuk tak hanya berbahaya untuk tubuh, melainkan juga bisa berakibat buruk pada kualitas tanah dan lingkungan. Dengan kata lain, ketika menggunakan pupuk dan pestisida berlebihan petani juga bisa menyebabkan polusi pada tanah dan air yang digunakan untuk menumbuhkan buah dan sayur. Dengan melakukan penanaman secara organik, mereka akan mengurangi polusi dan perusakan terhadap tanah dan lingkungan tersebut.

4. Lebih banyak nutrisi
Tanaman yang ditumbuhkan secara alami tanpa bahan kimia lebih kuat dan mengandung lebih banyak vitamin serta antioksidan. Ini membuat buah dan sayuran organik menjadi lebih bernutrisi dan sehat. Selama ini penggunaan pestisida dikaitkan dengan sakit kepala, pusing, kanker, cacat lahir, dan masalah kesehatan lainnya.

5. Tak berpengawet
Sayuran dan buah-buahan yang ditumbuhkan dengan pupuk kimia dan pestisida terkadang juga mengalami proses iradiasi yang membuatnya lebih awet. Hal ini memang menguntungkan, namun proses tersebut juga mengubah struktur dan molekul makanan yang berpotensi tak aman bagi tubuh. Meski buah dan sayuran organik lebih cepat busuk, namun mereka lebih aman dan sehat.

Itulah beberapa keuntungan untuk mengonsumsi makanan organik dibandingkan dengan makanan yang tak organik. MEski begitu, untuk mendapatkan makanan organik tersebut, Anda harus rela mengeluarkan uang yang lebih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.