7 Makanan yang Baik Dibawa Saat Mendaki Gunung

Salah satu makanan yang cocok untuk pendakian

Abon Jamur

Abon Jamur

Saat mendaki gunung, kesehatan menjadi hal krusial yang harus diperhatikan. Jika fisik prima, maka semangat mendaki pun akan terus tersedia. Nah, makanan adalah bekal yang vital bagi para pendaki gunung, makanan-makanan jenis tertentu dapat memicu semangat untuk sampai ke puncak gunung.

Di bawah ini ada 7 daftar makanan yang bisa disimpan ke dalam tas carrier Anda.

1. Roti Selai Kacang

Roti Selai Kacang adalah makanan terbaik untuk dibawa saat mendaki gunung. Selain ringan dan simpel untuk dibawa, Selai kacang yang dilumuri pada roti tawar juga mengandung protein, yang menjaga otot agar tetap kuat dan bekerja dengan baik, sehingga pendaki tetap kuat untuk mencapai puncak gunung.

2. Buncis dan Nasi

Bagi penyuka kacang-kacangan, Buncis merupakan sumber protein yang tinggi. Buncus bisa dimasak, ditumis dan disatukan ke dalam kotak bekal bersama dengan nasi. Menurut beberapa penelitian, kapasitas antioksidan buncis secara keseluruhan lebih besar dibandingkan makanan serupa dalam keluarga kacang-kacangan seperti kacang polong atau kacang panjang

3. Mie Instan

Mie instan adalah salah satu makanan paling favorite saat backpacker kemanapun dan dimanapun, termasuk naik gunung. Simpel dan praktis, adalah alasan mengapa mie instan sangat berguna pagi para pendaki gunung. Selain itu, kuah hangatnya dapat mengurangi hawa dingin gunung yang menusuk.

4. Cokelat

Hal yang juga penting untuk sampai ke puncak gunung adalah semangat yang harus dipacu. Jika mulai lelah dan putus asa, ternyata cokelat dapat memulihkan energi kita kembali seperti semula. Rasa manis pada cokelat dapat mengalahkan lelah dengan cepat, kafein pada kakao mengangkat semangat kembali, dan lemak pada kakao adalah bahan bakar untuk mereka yang aktif naik gunung.

5. Buah

Bawalah buah-buahan yang praktis dimasukan ke dalam ransel seperti apel atau pir. Kurangi buah seperti pisang yang kulitnya dapat menambah beban sampah kita saat mendaki. Duduk di tebing indah sambil makan keju dan biskuit dengan irisan apel adalah cara sempurna untuk menghabiskan sore.

6. Permen

Jika Anda gemar hiking di tempat yang beriklim sedang (negara-negara Eropa), permen adalah makanan yang dapat bertahan hidup di jalan.

7. Keju

Keju merupakan makanan bergizi, lezat dan serbaguna. Namun Anda perlu mencari informasi jenis keju apa yang tahan pada cuaca yang akan Anda hadapi. Keju juga sangat praktis dibawa, sehingga Anda dapat menyimpan keju yang banyak untuk cadangan makanan beberapa hari ke depan.

8. Makanan kering

Abon Jamur, dendeng, anek orek/kering (tempe, teri, kacang, kentang), aneka keripik ikan, bawang goreng dan buat rasa pedas Taysters bisa bawa sambel pecel gampang tinggal diseduh sama air panas, Makanan itu semua bisa dijadikan menu wajib saat naik gunung. Ga  perlu masak. Cukup bawa dari rumah sampai di camp tinggal makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.