8 Makanan Cemilan Yang Tidak Bikin Gemuk

Adakah makanan cemilan yang tidak bikin gemuk? Mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak para pelaku diet, yang memiliki kebiasaan ngemil di setiap saat terutama malam hari. Sesuai dengan namanya, cemilan merupakan makanan kecil yang dikonsumsi secara berulang-ulang dan umumnya makanan seperti ini akan menyebabkan berat badan melonjak.

FRUITE CHIPS, Keripik buah berlumur coklat

FRUITE CHIPS, Keripik buah berlumur coklat

Tapi jangan berkecil hati dulu, ya ladies. Ada kok, makanan cemilan yang tidak menyebabkan kegemukan. Cemilan ini dapat dimakan kapan saja, tanpa takut berakibat naiknya berat badan kamu. Penasaran? Teruskan baca artikel ini sampai selesai!

Banyak pelaku diet merasa ketakutan, ketika rasa lapar tiba-tiba muncul di malam hari. Padahal, kebiasaan mereka sebelum menjalani program diet adalah sering ngemil. Bahkan mulut mereka tidak dapat berhenti untuk mengunyah makanan. Efeknya, tentu saja berat badan makin meningkat.

8 Makanan Cemilan yang Tidak Bikin Gemuk

Jika kamu memiliki kebiasaan ngemil tapi tidak ingin mengalami kegemukan, maka pilih cemilan yang tidak mengandung lemak dan kolesterol. Berikut ini adalah makanan cemilan yang aman dikonsumsi bagi pelaku diet, tanpa khawatir mengalami lonjakan berat badan:

1. Cokelat hitam

Jika kamu takut menjadi gemuk akibat kebiasaan ngemil di malam hari, pilih saja cokelat hitam sebagai cemilan malam. Cokelat kaya akan antioksidan yang berguna untuk mencegah penuaan dini, dan asam strearat yang melambatkan proses pencernaan sehingga kalori banyak dibuang oleh tubuh.

2. Kacang-kacangan

Cemilan yang renyah dan gurih, salah satunya adalah kacang-kacangan. Almond dapat menjadi pilihan bagi anda. Kacang ini kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh, sehingga tidak menyebabkan timbunan lemak pada tubuh.

Selain rasanya yang lezat, almond juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah dan memacu produksi serotonin di dalam tubuh. Cukup dengan belasan biji kacang almond, mede, atau kenari, mampu membuat kamu merasa kenyang ketika mengalami kelaparan di malam hari.

3. Yogurt

Untuk mencegah lonjakan berat badan, pilihlah yogurt tanpa pemanis. Kamu dapat menambahkan strawberry atau pisang untuk membuat yogurt plain tetap lezat dan nikmat. Cemilan ini memiliki rendah lemak, jadi sangat aman bagi kamu yang sedang menjalani program diet.

4. Oatmeal

Snack malam lainnya yang aman bagi diet adalah oatmeal. Makanan berbahan gandum ini mengandung vitamin B kompleks yang melimpah, sehingga baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Kombinasi oatmeal dengan susu dan kismis, dapat menjadi kudapan yang lezat dan bergizi.

5. Salad

Cemilan malam yang dapat menjadi alternatif lain adalah salad. Kamu dapat membuat salad dari buah dan sayuran, yang tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh. Vitamin dan mineral di dalam salad ini, akan memberikan nutrisi bagi tubuh dan menjaganya tetap terhidrasi.

6. Agar-agar

Makanan dengan tekstur yang lembut dan kenyal ini sangat cocok untuk kudapan di malam hari. Serat di dalam agar-agar berguna untuk melancarkan pencernaan. Cemilan lunak ini juga memiliki kalori yang rendah, sehingga tidak menyebabkan membuat kamu menjadi gemuk.

7. Keripik buah

Jika kamu kurang menyukai buah sebagai cemilan karena teksturnya kurang renyah, maka keripik pisang atau apel mungkin dapat menjadi alternatif cemilan yang menyehatkan tubuh. Pilihlah keripik buah yang dipanggang, untuk menghindari kandungan lemak dan minyak.

8. Popcorn

Jika kamu sering menonton acara di televisi sambil ngemil popcorn di malam hari, maka kebiasaan itu tidaklah terlalu buruk. Popcorn termasuk cemilan yang rendah kalori sehingga tidak akan menaikkan berat badanmu. Namun, hindari popcorn dengan tambahan garam, atau karamel.

Nah, itulah 8 cemilan yang tidak bikin gemuk. Pilihlah salah satu atau beberapa cemilan yang telah disebutkan, yang tidak menyebabkan kegemukan. Namun, tetap proporsional dalam mengkonsumsinya dan tidak berlebihan. Semoga program dietmu sukses, sehingga tubuh makin langsing dan sehat.

sumber : http://tradisioanal-obat.blogspot.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.