AYO JAGA KESEHATAN DI MUSIM HUJAN

Beberapa Tahun terakhir ini kita yang di Indonesia sering di bingungkan dengan pergantian musim yang tidak jelas. Berhubung hanya ada 2 Musim di Indonesia, Panas dan Hujan, membuat pergantian kedua musim beberapa tahun ini sering tidak tepat waktu.

musim hujan, jagalah kesehatan kita

musim hujan, jagalah kesehatan kita

Tahun ini pun demikian. Hujan serasa datang terlambat, Panas lebih lama berlangsung.

Namun beberapa hari ini beberapa daerah di Indonesia mulai diguyur hujan. Apakah ini petanda bahwa sudah masuk Musim Hujan???

Alangkah baiknya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi musim basah-basah ini. Berikut ada beberapa tips agar kita tetap Fit disaat musim Hujan.

1. Segeralah Mandi Jika Kehujanan

Hujan adalah anugrah dari langit, harus disyukuri. Tapi kalo kehujanan tetap harus segera diantisipasi agar tubuh kita tetap sehat. Kalo kamu kehujanan segeralah mandi dan berkeramas, karena air hujan tidak selamanya bersih dan sangat dimungkinkan mengandung partikel-partikel polusi.

Sediakan selalu peraltan yang bisa menghindarkan kita dari kehujanan. Payung, jas hujan dan jaket penghangat sangat dibutuhkan selama musim hujan.

Musim Hujan

Musim Hujan

2. Cukup Dalam Beristirahat dan Tetap Berolahraga

Walau hujan diluar, olah raga harus tetap jalan. Pilih olah raga yang Indoor. Pemanasan ringan seperti Sit Up, Push Up juga bisa dijadikan alternatif olah raga selama musim hujan. Bisa dilakukan dimana saja.

3. Menjaga Kebersihan Badan, Terutama Tangan dan Gigi

Jagalah selalu kebersihan badan kamu. Terutama tangan dan Gigi. Setiap sampai rumah atau dimanapun tujuan anda, segeralah mencuci tangan. Menghindari kuman/bakteri yang terbawa dari luar rumah. Tentunya jangan hanya saat keluar rumah, saat berada dirumah juga kita harus sering-sering cuci tangan setelah selesai melakukan sesuatu.

4. Jaga Cairan Tubuh

Disaat musim hujan, biasanya rasa haus berkurang, banyak orang minum air putih disaat musim hujan. Padahal tubuh kita tetap membutuhkan asupan air agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Jika perlu tetap bawa air putih kemanapun kita berada. Hindari juga minuman berkarbonasi.

Minuman hangat juga bisa menjadi solusi. Disaat hujan datang, suhu udara akan turun, maka tubuh kita akan menyesuikan kondisi tersebut. Minuman hangat selain akan memberi asupan cairan tubuh, juga bisa menyegarkan badan.

5. Jaga Pola Makan, Makanlah Makanan Sehat

Musim hujan biasanya akan menambah selera makan. Suhu yang dingin membuat perut mudah lapar. Wajar karena dengan makan tubuh kita akan lebih hangat karena metabolisme tubuh. Tapi tetap harus menjaga pola makan. Makanan yang sehat, tanpa pengawet, non MSG sangat membantu menjaga kondisi

Pola makan juga harus diperhatikan. Usahakan jadwal makan anda tetap terjaga seperti normalnya. Konsumsilah makanan secara seimbang. Makanlah hanya ketika anda lapar. Konsumsi makanan yang bergizi akan meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Jagalah Kebersihan Lingkungan

Musim hujan akan mengakibatkan banyaknya genangan. Seperti kita ketahui bersama, Genangan air tempat favorit nyamuk demam berdarah berkembang biak. Selain itu buanglah sampah pada tempatnya. Jangan sampai sampah bisa menjadi sumber penyakit.

7. Jaga Pola Tidur Anda

Tidur yang teratur dapat menjaga daya tahan tubuh anda. tidur terlalu larut sangat tidak disarankan selama musim hujan.

 

Buatlah jadwal harian yang baik, agar semua usaha kamu untuk tetap sehat selama musim hujan bisa terlaksana. Selain tips diatas, ada baiknya konsumsi multivitamin bagi kamu yang punya kegiatan ekstra.

Semoga Tips diatas bisa bermanfaat bagi semua.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.