BERKENALAN DENGAN BIJI RAMI aka. FLAX SHEED

Alam kita ini diciptakan untuk memenuhi semua kebutuhan manusia. Kita pada dasarnya tercukupkan dengan alam yang ada. Perkembangan zaman membuat ilmu pengetahuan akan alam dan kegunaannya bagi manusia terus bertambah dan kadang mencengangkan. Tumbuh-tumbuhan yang sering dianggap sepele ternyata punya banyak manfaat bagi kita, terutama untuk kesehatan manusia.

Beberapa bahan pernah dibahas disini dan sekarang kita bahas yang lain.

Biji Rami

Perkenalkan, Biji Rami atau Flax Sheed. Asing dengan tumbuhan yang satu ini? Mari lebih dekat dengan Biji Rami.

BIJI RAMI merupakan tanaman yang banyak ditemukan dan tumbuh di padang rumput di Kanada Barat. Biji ini didapatkan dari tanaman rami yang lebih dikenal sebagai tanaman pembuat kain linen. Biji rami mengandung banyak nutrisi, serat, serta alpha-linoleic acid (ALA).

Karena memang jarang di Indonesia membuat biji ini memang kurang populer di masyarakat.

Biji rami tak hanya bisa menjadi sumber antioksidan serta lemak yang baik, namun penelitian terbaru mulai menemukan bukti bahwa biji rami juga bisa menurunkan risiko kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Biji rami juga digadang-gadang sebagai makanan super baru karena manfaatnya yang melimpah dalam hal kesehatan. Uniknya, konon biji ini dinamakan Linum usitatissimum yang dalam bahasa Latin berarti “yang paling berguna.”

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang berhubungan dengan menambahkan biji rami untuk diet harian anda :
1. Kesehatan jantung
Sebuah uji klinis yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa individu yang mengkonsumsi 30 gram biji rami giling sebagai bagian dari diet mereka ini memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi obat penurun kolesterol sendiri.
Kolesterol telah menjadi indikator penting dari keseluruhan kesehatan jantung dan hati. mengelola kadar kolesterol ini sangat penting untuk memastikan kesehatan jantung.
Efek dari biji rami bisa menurunkan Kolesterol yang dikaitkan dengan peningkatan serat dalam biji rami dan fakta bahwa biji rami yang tinggi asam lemak omega 3 yang sehat dalam bentuk asam alfa-linoleat.
2. Biji rami untuk sindrom metabolik
Sindrom metabolik bisa merampas energy anda, yang membuat anda merasa lelah, dan bisa mengancam kesehatan anda dalam jangka panjang.
The Journal of Nutrition menerbitkan percobaan yang menunjukkan bahwa konseling gaya hidup dengan penambahan biji rami untuk diet harian bisa membantu anda untuk mengelola dan mengurangi gejala sindrom metabolik dengan mengurangi obesitas sentral.
Sindrom metabolik telah diidentifikasi sebagai salah satu penyebab perkembangan penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe II. Ditandai dengan tekanan darah tinggi, kadar gula tinggi, dan kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, sindrom metabolik menimbulkan ancaman bagi kesehatan anda secara keseluruhan.
3. Mengurangi Peradangan
Peradangan bisa merusak tubuh, arteri, sendi, dan jaringan jika anda tidak mengatur proses efisien. Oleh karena itu penting untuk belajar untuk mengendalikan peradangan dan untuk memasukkan nutrisi dalam diet anda yang bisa membantu untuk mengurangi peradangan dalam tubuh anda.
Biji rami tidak hanya tinggi lignan, tetapi juga merupakan sumber yang sangat baik dari asam lemak omega 3. dalam sebuah studi yang menunjukkan bahwa penambahan makanan biji rami dengan asupan makanan sehari-hari individu yang menderita dari radang hipotalamus, ini membantu mengurangi peradangan dan lemak deposito pada individu-individu. anda juga bisa mengkonsumsi makanan ini yang mengurangi peradangan.
4. Biji rami Meningkatkan Perlindungan Antioksidan anda
Oksidan dan radikal bebas akan merusak tubuh anda, yang menyebabkan penuaan dini, meningkatkan peradangan dalam tubuh anda, dan mungkin memainkan peran dalam pengembangan berbagai bentuk kanker. Dengan ditambahkan biji rami dalam diet, antioksidan alami ini bisa menjadi bagian penting dari pendukung kesehatan secara keseluruhan.
5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Biji rami yang tinggi serat sehat yang menjamin bahwa nutrisi yang anda makan tetap dalam sistem GI cukup lama untuk memastikan penyerapan nutrisi yang sehat. Serat juga mendukung kesehatan usus dan memainkan peran penting dalam mengurangi atau menghilangkan sembelit.
6. Mengurangi gejala menopause
Bahan aktif dalam biji rami diklasifikasikan sebagai fitoestrogen. Fitoestrogen adalah senyawa nabati yang meniru fungsi estrogen dalam tubuh. Biji rami bisa membantu untuk memungkinkan anda untuk melengkapi tingkat alami anda estrogen dalam tubuh.
Dalam sebuah penelitian tentang khasiat biji rami untuk mengurangi gejala menopause, penelitian menemukan bahwa konsumsi biji rami bisa membantu mengurangi gejala menopause bila dibandingkan dengan plasebo.
7. Biji rami dan resistensi insulin
Resistensi insulin merupakan salah satu faktor utama dalam sindrom metabolik dan arteriosklerosis yang merupakan penyebab utama diabetes. Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tidak lagi menerima insulin dan glukosa. Ini berarti sel-sel anda tidak bisa menghasilkan energi yang anda butuhkan untuk menjadi sehat.
Sebuah uji klinis yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada biji rami, menemukan bahwa konsumsi biji rami mengalami penurunan resistensi insulin pada obesitas glukosa toleran individu.
Sudah tau tentang “Beberapa” manfaat Biji Rami. Lalu dimana bisa mendapatkan Biji Rami??
Temukan Biji rami di Modern market tertentu yang menjual bahan-bahan alami, termasuk biji-bijian.
Terutama dikota-kota besar biji rami mulai mudah didapatkan.
Selain Modern market, penjualan online juga semakin marak.
1B web
Lalu bagaimana cara mengkonsumsi biji rami??
Jika kamu di rumah ingin mengkonsumsi biji rami, awalnya biji ini di panggang hingga matang dan kering.
Biji rami bisa disajikan menjadi taburan di salad, bubur, smoothis dan juga menjadi bagian dari Granola.
Selain dalam bentuk bji juga hadir minyak biji rami yang memiliki fungsi sama dengan biji rami.
Selamat mencoba khasiat biji rami, mari hidup sehat dengan yang Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.