LEBIH DEKAT DENGAN KACANG ALMOND

Kacang yang satu ini bisa dibilang bukan kacang biasa. Kandungan gizi serta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan sungguh luar biasa.  Sayangnya tidak semua orang tidak mengetahui manfaat besar kacang almond. Selain memang tidak banyak dihasilkan di indonesia, harga kacang almond juga relatif mahal. Bisa jadi karena produk import jadi harga juga ikut tinggi.

Namun Akhir-akhir ini banyaknya makanan olahan berbahan dasar Almond membuat kacang yang satu ini mulai dilirik oleh banyak orang karena selain kandungannya yang dahsyat juga rasanya Weenaaaakk !!!

almond

Ayo kita lebih dekat mengenal Kacang Almond.

Kacang almond merupakan kacang super yang menyediakan berbagai macam nutrisi penting untuk tubuh. Almond memiliki dua jenis varietas yaitu almond dengan rasa pahit dan juga almond dengan rasa yang manis. Banyak yang menjadikan kacang almond manis sebagai camilan, sedangkan industri banyak yang menjadikan kacang almond dengan varietas pahit sebagai minyak kacang almond. Berikut ini berbagai macam kandungan dalam kacang almond yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan :

  • Kaya kandungan minyak ( 49% )
  • Asam lemak omega-9 ( 62 % )
  • Asam lemak omega-3
  • Asam lemak omega-6 ( 24% )
  • Asam palmiat ( 6% )
  • Karbohidrat ( 26% )
  • Serat ( 12% )
  • Gula ( 6,3% )
  • Pati ( 0,7% )
  • Kaya akan vitamin E ( 24 miligram per 100 gram ).
  • Magnesium.
  • Serat
  • Asam amino esensial
  • Tembaga
  • Vitamin B
  • Kalsium
  • Kalium
  • Fosfor
  • Vitamin B6.
  • Vitamin C.
  • Zat besi
  • Lemak nabati
  • Lemak tidak jenuh
  • Kalori
  • Tinggi antioksidan.
  • Fenilalanin.
  • Biotin

Banyak banget ya, gak perlu di hafalin, dinikmati aja kacangnya dan ikut merasakan manfaatnya. Nah itu tadi kandungannya, lalu apa manfaat kandungan tersebut untuk kesehatan kita? kita bahas 6 manfaat dari sekian banyak manfaat

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kacang almond bermanfaat untuk penderita kolesterol untuk menurunkan dan mengontrol kadar kolesetrol LDL di dalam tubuhnya. LDL ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis maupun non kronis. Cara penurunannya adalah kacang almond bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Tubuh dengan kadar HDL yang baik bagi kesehatan bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan sistem syaraf dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini fakta tentang kacang almond yang bisa menurunkan kadar LDL di dalam tubuh :

  • Almond kaya akan lemak tidak jenuh, lemak tidak jenuh tersebut bermanfaat untuk menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.
  • Penelitian yang dilakukan oleh asosiasi kesehatan jantung Amerika, menemukan fakta bahwa konsumsi almond setiap harinya bisa menurunkan kolesterol jahat sebanyak 15 persen.
  • Kadar kolesterol yang diturunkan tergantung dengan jumlah banyaknya kacang almond yang masuk ke dalam tubuh.
  • Sebanyak 7 gram almond yang dikonsumsi bisa menurunkan kadar LDL sebanyak 1 persen. Kelipatan dari 7 gram bisa menurunkan kadar LDL lebih banyak lagi.
  1. Pengontrol Diabetes

Meski kacang almond memiliki kandungan gula didalamnya, namun kacang ini bermanfaat untuk mengontrol kadar gula di dalam tubuh seseorang. Mengontrol kadar gula bisa menghindarkan penderita diabetes dari berbagai macam komplikasi yang dihasilkan oleh penyakit diabetes. Berikut ini fakta dari kacang almond bisa digunakan sebagai pengontrol diabetes :

  • Kandungan kacang almond berupa lemak sehat, lemak tidak jenuh, serat dan mineral bisa membuat tubuh menyerap glukosa dan mengolah glukosa secara cepat.
  • Penelitian yang dilakukan oleh Diabetes Care menunjukkan bahwa kacang almond bisa mengontrol diabetes dengan tipe 2, baik untuk pria maupun wanita. Khususnya bagi wanita yang telah mengalami masa menopause.
  • Konsumsi satu ons almond sebelum sarapan dan memakan makanan porsi besar bisa mempertahankan kadar gula yang sehat di dalam tubuh.
  1. Menciptakan Jantung Sehat

Jantung adalah organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Sayangnya kinerja organ jantung sering terganggu oleh berbagai penyakit. Misalnya saja diabetes, kolesterol jahat, hipertensi dan asam urat tinggi. Jika tidak segera diobati, penyakit jantung bisa menyebabkan serangan jantung koroner yang tiba-tiba, mendadak dan sekaligus mematikan. Menjaga kesehatan jantung lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Berikut ini fungsi kacang almond dalam menciptakan jantung yang sehat :

  • Magnesium yang terdapat di dalam kacang almond bermanfaat untuk melancarkan dan meningkatkan aliran darah ke jantung.
  • Magnesium juga mengontrol pergerakan oksigen bersama dengan nutrisi ke jantung dan ke seluruh tubuh.
  • Ketika aliran darah lancar, aliran darah meningkat diikuti dengan pergerakan oksigen dan nutrisi bisa menyebabkan tekanan darah selalu normal. Tekanan darah yang normal bisa menyehatkan jantung.
  • Lemak tidak jenuh di dalam kacang almond juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung.
  • Vitamin E dan antioksidan yang tinggi bisa mencegah terjadinya peradangan pembuluh darah arteri dan kerusakan arteri. Arteri itu merupakan pembuluh darah yang vital bagi organ jantung. Jika arteri sehat, jantung pun akan sehat.
  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak adalah sistem syaraf pusat yang ada di dalam tubuh manusia. Jika otak terganggu, maka sistem syaraf yang dibawahinya pun akan terganggu. Almond dianggap sebagai suplemen makanan terbaik untuk otak. Berikut ini manfaat kacang almond untuk otak :

  • Vitamin E yang ada di dalam kacang almond bermanfaat untuk pencegahan penurunan kognitif di dalam otak.
  • Vitamin E bisa meningkatkan kewaspadaan memori otak.
  • Vitamin E di dalam kacang almond juga bisa meningkatkan kapasitas memori otak.
  • Kacang almond kaya akan mineral, mineral bermanfaat untuk melindungi sel-sel dan syaraf yang ada di otak dari kerusakan. Kerusakan otak banyak disebabkan oleh radikal bebas.
  • Kandungan vitamin B6 di dalam kacang almond bisa bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme protein. Metabolisme protein itu diperlukan untuk memperbaiki sel-sel otak yang rusak.
  • Kandungan fenilalanin bisa mencegah terjadinya penyakit parkinson. Penyakit parkinson ini bisa disebabkan oleh syaraf otak yang rusak. Fenilalanin juga bisa membuat otak memiliki adrenalin dan dopamin.
  • Untuk mendapatkan khasiat kacang almond yang bermanfaat untuk otak, diperlukan segenggam kacang almond setiap harinya.
  1. Diet

Salah satu manfaat kacang almond untuk kesehatan adalah bisa digunakan untuk diet. Nutrisi yang ada di dalam kacang almond bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Nutrisi pada kacang almond yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah serat, lemak tak jenuh dan juga protein. Memakan kacang almond akan membuat rasa kenyang lebih lama. Untuk diet, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi almond. Cukup 1 ons per harinya saja.

  1. Mencegah Kecacatan Bayi

Ibu hamil yang sedang mengandung bayi diharapkan untuk bisa mengkonsumsi kacang almond setiap harinya. Asam folat yang terkandung dalam kacang almond sama dengan peran susu hamil. Asam folat tersebut bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan dan pertumbuhan sel jaringan di dalam tubuh bayi.

 

Gimana nih?? Super bangetkan kacang almond??

Ailani Food juga punya produk Kacang almond. DAILEE ROASTED ALMOND atau kacang almond panggang

roasted-1

Dengan 4 varian :

ORIGINAL, PEDAS, MOCHA dan COKLAT

Sudah super bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, enaknya juga luar biasa. Jadi cantik dan sehat sekarang gak susah, menyenangkan malah .

Eh tau gak, kalo Almond ini penambah ASI modern, Kalo biasanya daun katuk sekarang bisa tuh di kombinasikan dengan almond. Dan hasilnya ASI melimpah, adek bayi jadi tambah sehat.

Sampai ketemu di artikel lainnya. Terimakasih

 

sumber : manfaat.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.