MANFAAT DAN MITOS KACANG TANAH

Kacang Tanah

Kacang Tanah

Salah satu bahan yang digunakan dalam abon jamur ailani adalah Kacang tanah.

Banyak yang menanyakan mengenai keberadaan kacang tanah ini. katanya ada yang bikin jerawatan, kolesterol dll.

Yuk kita ulik lebih dalam fakta dan mitos tentang kacang tanah.

Sejarah Kacang Tanah

Sejarah Singkat Kacang Tanah Kacang tanah adalah tanaman pangan berupa semak yang berasal dari Amerika Selatan, yaitu Brazilia. Penanaman pertama kali dilakukan oleh orang Indian (suku asli bangsa Amerika). Di Benua Amerika perkembangan penanaman tumbuhan ini dilakukan oleh pendatang dari Eropa. Kacang tanah pertama kali masuk ke Indonesia pada awal abad ke-17 dibawa oleh pedagang Cina dan Portugis. Kacang tanah memiliki nama lain, diantaranya kacang una; suuk; kacang jebrol; kacang bandung; kacang tuban; kacang kole; kacang banggala; peanut atau groundnut (inggris). Mula-mula penanaman kacang tanah di Indonesia terpusat di Pulau Jawa, Sumatera Utara, Sulawesi dan kini telah ditanam di seluruh Indonesia. (sumber tanyadok.com)

Manfaat Dari Kacang Tanah

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika jumlahnya berlebihan, zat yang bernama kolesterol ini bisa membahayakan kesehatan anda. Salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan membuktikan manfaat kacang tanah. Saat anda mau mengkonsumsi kacang tanah secara rutin, kandungan lemak tidak jenuh dan antioksidan yang ada dalam kacang tanah bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh anda. Buktikan deh !!!

Menyestabilkan Gula Darah

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa salah satu manfaat kacang tanah adalah bisa menstabilkan gula darah. Dalam kacang tanah mengandung zat yang bernama mangan yang konon katanya bisa menyerap lemak berlebih pada darah. Saat penyerapan dilakukan secara optimal, maka kadar gula dalam darah anda juga bisa menurunkan gula darah atau menstabilkan gula darah.

Sumber Tenaga Bagi Tubuh

Mungkin banyak dari anda yang sering mendengar bahwa kacang tanah adalah pilihan makanan yang tepat untuk mereka yang sedang menjalankan diet sehat. Ya, saat orang yang sedang diet mengkonsumsi kacang tanah secara rutin, manfaat kacang tanah akan bisa ia rasakan. Kacang tanah bisa dijadikan penunda lapar karena kacang tanah akan mengenyangkan perut dalam waktu yang lama. Kacang tanah juga dikatakan bisa menjadi sumber energi sehingga orang yang sedang diet tak akan terlihat lemas walaupun hanya rutin mengkonsumsi kacang tanah. Oleh karena itu, agar diet anda berhasil, sediakan selalu kacang tanah di rumah agar berat badan anda segera turun tetapi kesehatan anda tetap terjaga sampai masa diet berakhir.

Menurunkan Resiko Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya yang bisa membuat nyawa anda meregang selama-lamanya. Salah satu pencegahan penyakit kanker yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi kacang tanah. Manfaat kacang tanah, salah satunya bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker, terutama kanker pada bagian perut. Dalam kacang tanah mengandung zat antioksidan yang bisa membasmi zat asing pada tubuh, salah satunya sel kanker yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.

Mencegah Depresi

Depresi adalah salah satu gangguan psikologis yang akan berpengaruh pada kesehatan. Ketika depresi menyerang, maka kesehatan tubuh anda akan menjadi tidak stabil. Nah, bagi anda yang tak ingin terkena depresi, selain anda tak usah memikirkan masalah terlalu dalam, anda juga wajib mengkonsumsi kacang tanah. Kacang tanah ini memiliki zat yang bisa meningkatkan mood anda sehingga menurunkan resiko depresi pada seseorang. Bukankah jika mood anda bagus, kesehatan andaun juga bisa terjaga dengan baik.

Beberapa manfaat kacang tanah itu cukup memberi informasi dan mematahkan beberapa anggapan tentang kacang tanah. lalu ada juga yang bilang kacang tanag penyebab jerawat. Mitos atau Fakta gak ya???

Mitos Kacang Tanah Penyebab Jerawat

Sebuah riset dari American Academy of Dermatology untuk urusan kecantikan kulit menyatakan hal yang bertolak belakang dari mitos tersebut. Mereka berpendapat bahwa jerawat tidak disebabkan oleh coklat, ice cream, ataupun makanan seperti kacang.
Colorado State University Department of Health and Exercise menyarankan untuk mengurangi gula dan makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Institusi tersebut telah meneliti sekitar 1300 orang penduduk pulau Kitivan di Papua New Guinea yang puasa makanan manis serta makanan berkarbohidrat. Sehari-harinya mereka hanya makan ikan, buah, dan daging yang dimasak secara tradisional.
Hasilnya tidak ada satu jerawat pun yang bertengger di wajah mereka. Mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah, dimana hal tersebut memicu produksi hormon androgen yang membuat kulit jadi berminyak. Demikian pernyataan dari Howard Murad, seorang profesor dari UCLA School of Medicine. Pernyataan tersebut menjelaskan mengapa para penduduk pulau tersebut bebas dari jerawat.
Untuk Anda yang masih berusaha memerangi jerawat, tak ada salahnya mencoba bukan? Mulai hari ini, cobalah untuk mengurangi gula dalam teh atau kopi agar wajah bebas jerawat menjadi milik Anda.
Setelah membaca artikel ini, jangan lagi menyalahkan kacang sebagai penyebab timbulnya jerawat di wajah Anda. Tetapi perhatikanlah pola makan Anda secara keseluruhan. Jangan takut untuk makan kacang. Zat-zat yang terkandung dalam kacang sangat banyak dan sangat berguna untuk tubuh kita. Namun jangan juga makan kacang secara belebihan. Segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. (sumber tanyadok.com)
Sudah cukup dalam nih kita bahas mengenai kacang tanah. semoga cara pandang kita terhadap kacang dapat berubah.
Well terimakasih sudah menyimak.

2 thoughts on “MANFAAT DAN MITOS KACANG TANAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.