SEBIJI APEL SETIAP HARI, MENJAUHKANMU DARI DOKTER

Pernah dengar ungkapan seperti yang tertera di judul??

Tentunya sudah pernah ya, dari ungkapan itu terlihat apel sangaat luar biasa member kesehatan untuk manusia, sampai bisa menjauhkan kita dari dokter. hehehe asal jangan emang praktek dokternya yang jauh. Sebagai informasi, ungkapan itu berasal dari Jepang dan mulai menyebar keseluruh dunia hingga sampai ketelinga kita.

Buah Apel banyak di hasilkan di Indonesia. Salah satu kota yang terkenal dengan apelnya adalah Batu, Malang, yang terkenal dengan apel manalagi.

Hasil gambar untuk Apel manalagi

Kandungan gizi yang sarat terkandung di dalamnya, membuat buah ini menjadi makanan alternatif yang disarankan dalam mempertahankan kesehatan tubuh. Lalu kenapa menjauhkan kita dari Dokter?? ini ada sekelumit penjelasannya

Seperti buah lain, apel mengandung banyak serat. Serat yang menjadi ciri utama apel adalah serat yang disebut dengan pektin. Selain memperbanyak jumlah bakteri baik dalam usus, fungsi utama pektin adalah mencegah absorbsi atau penyerapan getah empedu dalam usus. Dengan adanya pektin, penyerapan getah empedu dapat dicegah sehingga penggunaan getah empedu berulang ini dapat dicegah. Karenanya hati akan selalu memproduksi getah empedu yang baru. Dengan demikian dapat diketahui hubungan fungsi pektin dengan pemaksimalan penggunaan kolestrol di dalam tubuh.

Pektin juga berguna sebagai pengontrol kalori. Fungsi ini berhubungan dengan khasiatnya sebagai pencegah diabetes. Pektin dapat memperlambat proses pencernaan makanan sehingga pertambahan gula darah menjadi lambat. Ini juga berarti mengistirahatkan pankreas yang bekerja untuk mensekresikan insulin.

Selain itu, di dalam apel terkandung kalium dalam jumlah besar yang juga berkasiat untuk meningkatkan kerja insulin. Akhir-akhir ini juga diketahui bahwa apel mengandung salah satu jenis unsur asam yang berfungsi untuk meningkatkan proses penguraian gula darah di dalam otot menjadi energi. Kalium yang juga berhubungan dengan kerja insulin, juga berkhasiat untuk mestabilkan tekanan darah. Selain kalium, apel juga mengandung rennin, yaitu salah satu unsur yang juga berkhasiat untuk menekan kerja hormon yang dapat menaikkan tekanan darah, nah ini baik untuk hipertensi nih.

Apel juga mengandung polifenol yang merupakan bahan antioksidan yang sangat ampuh untuk mengatasi alergi atau radang pada kulit, misalnya atopi. Antioksidan bekerja untuk mencegah terjadinya penuaan sel. Dari fungsi ini, apel juga berkhasiat untuk kecantikan kulit dan wajah.

Itu mengapa apel segar dan olahan apel mulai keripik apel, dodol apel, pia apel dll banyak digemari di masyarakat. Ailani food juga punya produk dari apel lho gaes. FRUITE CHIPS varian APEL BERLUMUR COKLAT. yang penasaran boleh kok langsung order.

Dan satu lagi, banyak buah-buahan import yang masuk indonesia, kalo belanja di supermarket, beli yang lokal aja ya biar petani lokal juga bisa mrasakan manfaatnya, OK semua sampai ketemu di artikel berikutnya

sumber : kliniksehatmu.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.